MPLS SMP Negeri 14 Yogyakarta

Pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif, menarik, dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai pada 11 Juli 2022, termasuk di SMP Negeri 14 Yogyakarta.

Kepala Sekolah SMP Negeri 14 Yogyakarta, Trihidayati Setyaningsih, S.Pd., mengatakan MPLS kali ini dilakukan secara offline atau tatap muka.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diperlukan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

“Ada perbedaan pelaksanaan MPLS kali ini, kalau tahun sebelumnya karena pandemi sehingga dilaksanakan secara daring” kata Trihidayati Setyaningsih, S.Pd, Senin (11/7/2022).

Pelaksanaan MPLS berlangsung selama tiga hari, Senin – Rabu, (11-13 Juli 2022) dengan materi meliputi materi:

  1. Visi Misi & Struktur Kurikulum
  2. Pengenalan Siswa
  3. Wawasan Wiyata Mandala
  4. Cara Belajar Efektif
  5. Pendidikan Karakter
  6. Kegiatan Kesiswaan
  7. Kecakapan Hidup
  8. Profil Pelajar Pancasila

Pada upacara pembukaan Kepala SMP Negeri 14 Yogyakarta menyampaikan bahwa kegiatan MPLS ini diikuti oleh 136 peserta yang terdiri dari lulusan siswa SD dan MI hasil dari seleksi PPDB tahun ini.

Pada kesempatan itu wakil Kepala Sekolah Urusan kesiswaan Rina Purwendri, S.Pd. juga meyakinkan kepada peserta bahwa kegiatan ini sama sekali tidak ada unsur perpeloncoan atau bahkan perundungan (bullying) sehingga mereka akan bisa menikmati kegiatan tersebut dengan perasaan yang nyaman dan senang.

“Selama tiga hari ke depan seluruh peserta akan bisa mengikuti pelaksanaan MPLS dengan rasa senang dan nyaman,” ucapnya.

“Tahun ini ada pengenalan lingkungan sekolah, baik secara fisik seperti ruang-ruang bangunan, sarpras maupun non fisik seperti visi misi sekolah, struktur kurikulum, dan lain-lain,” paparnya.

Rina Purwendri, S.Pd. yang merupakan ketua panitia, mengatakan secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Sebelum ada MPLS, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dikenal dengan berbagai nama seperti Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

“Kunci di dalam masa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru ini adalah bagaimana peserta memahami lingkungan situasi yang baru dengan suasana hati yang menyenangkan,” katanya.

Tentu, Rina Purwendri, S.Pd. disertai narasi-narasi kegiatan yang dibuat dalam bentuk kreativitas dan model kegiatan yang edukatif sehingga peserta didik baru saat memasuki tahap awal pada lingkungan sekolah yang baru itu merasa nyaman dan menyenangkan.

Selain itu panitia juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk membuat inovasi-inovasi sederhana seperti karya tulis (literasi), karya tangan (prakarya), dan karya pikir (logika, numerasi) pada beberapa materi yang disampaikan.

Salah satu contohnya pada materi Wawasan Wiyata Mandala, seluruh peserta yang terbagi kedalam kelompok kecil melakukan wisata lokal yaitu berkunjung ke sarana prasarana dan ruang bangunan di lingkungan sekolah yang dipandu oleh bapak ibu guru.

MPLS SMP Negeri 14 Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.