VISI DAN MISI

Visi

Generasi Berprestasi, Berbudaya, Handal Berpribadi dan Berwawasan Teknologi

Indikator visi sekolah :

  1. Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif;
  2. Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien;
  3. Terwujudnya lulusan yang beriman, cerdas, berkarakter, berbudaya, dan kompetitif;
  4. Terwujudnya SDM yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja yang tinggi;
  5. Terwujudnya prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir;
  6. Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh;
  7. Terwujudnya biaya pendidikan yang memadai;
  8. Terwujudnya  standar penilaian prestasi akademik dan non- akademik

Misi

  1. Melaksanakan pembelajaran secara efektif untuk mewujudkan semua siswa   berkembang secara maksimal. (Generasi Berprestasi)
  2. Melaksanakan tambahan jam pelajaran, untuk membiasakan dan menumbuhkan  semangat belajar yang tinggi (Bernalar kritis).
  3. Mendorong siswa untuk mengembangkan prestasi belajar secara individual maupun kelompok. (Bernalar kritis)
  4. Menumbuhkan semangat beribadah menurut agama yang dianut (Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia).
  5. Melaksanakan pembinaan beribadah untuk mengembangkan keimanan dan ketaqwaan sebagai dasar kepribadian (bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: akhlak beragama; akhlak pribadi).
  6. Membekali peserta didik agar bersikap santun dan menjalin kerukunan dengan lingkungan sekitar. (Berbudaya) (Berkebinekaan global)
  7. Membekali peserta didik menjadi insan yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan di sekolah. (Berbudaya) (Handal berpribadi)
  8. Menjunjung tinggi budaya tertib, bersih dan etos kerja (Berbudaya) (Mandiri)
  9. Melaksanakan bimbingan kerokhanian dalam memberikan dasar kepribadian  bagi pemeluk agama non Islam. (Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia).
  10. Melaksanakan disiplin mematuhi tata tertib guna menciptakan keadaan yang aman dan kondusif dalam pembelajaran. (Handal Berpribadi)
  11. Membimbing pembelajaran yang berwawasan teknologi modern dengan mengoptimalkan penggunaan alat pembelajaran. (Berwawasan teknologi)
  12. Membimbing peserta didik agar mempunyai pengetahuan dasar komputer. (Berwawasan teknologi)
  13. Melaksanakan manajemen partisipasif dengan melibatkan seluruh komponen warga sekolah untuk mencapai standar kelulusan setiap mata pelajaran. (Bergotong royong)

Tujuan

  1. Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif
    • Menghasilkan perangkat kurikulum satuan pendidikan yang lengkap, mutakhir dan berwawasan ke depan.
    • Menghasilkan silabus yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan yaitu, PjBL, Saintifik, Discovery, Inquiry, PBL dan sebagainya  pada semua mata pelajaran.
    • Menghasilkan  RPP yang lengkap semua mata pelajaran
    • Menghasilkan pelaksanaan pengembangan kurikulum muatan lokal
  2. Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan:
    • secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
    • Menghasilkan penyelenggaraan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, CTL, pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning), pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning). dan pendekatan lainnya
    • Menghasilkan pengembangan metode pembelajaran yang relevan
    • Menghasilkan pengembangan strategi pembelajaran
  3. Terwujudnya lulusan yang cerdas, kompetitif, dan berbudaya
    • Menghasilkan  pengembangan kegiatan bidang akademik
    • Menghasilkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan
    • Menghasilkan kemampuan olahraga yang tangguh dan kompetetif
    • Menghasilkan  kemampuan seni yang tangguh dan kompetitif
    • Membentuk kepribadian peserta didik yang berbudaya dan berkarakter bangsa
  4. Terwujudnya SDM  yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja yang tinggi.
    • Menghasilkan pengembangkan dan peningkatkan kompentensi pendidik dan tenaga kependidikan
    • Menghasilkan standar profesionalitas tenaga pendidik
    • Menghasilkan standar kompetensi tenaga kependidikan
    • Menghasilkan standar monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan
    • Menghasilkan fasilitas sekolah yang relevan, mutakhir dan berwawasan ke depan
    • Menghasilkan pengembangan media pembelajaran
    • Menghasilkan pengembangan sarana pendidikan
    • Menghasilkan pengembangan prasarana
    • Menghasilkan lingkungan sekolah sebagai wiyata mandala
  6. Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh
    • Menghasilkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh
    • Menghasilkan implementasi MBS
    • Menghasilkan pengembangan administrasi sekolah
  7. Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang memadai
    • Menghasilkan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil
    • Menghasilkan  jalinan kerja dengan penyandang dana
    • Menghasilkan penggalangan dana dari berbagai sumber
  8. Terwujudnya  standar penilaian prestasi akademik dan non-akademik
    • Menghasilkan perangkat model-model penilaian pembelajaran yang otentik
    • Menghasilkan implementasi model evaluasi
    • Menghasilkan  standar penilaian  kurikulum muatan lokal