Pembelajaran Masa Pandemi SMP Negeri 14 Yogyakarta

Saat ini Corona masih menjadi pembicaraan yang hangat. Di belahan bumi manapun, corona masih mendominasi ruang publik. Dalam waktu singkat saja, namanya menjadi trending topik, dibicarakan di sana-sini, dan diberitakan secara masif di media cetak maupun elektronik. Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menyebabkan penyakit menular ke manusia.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Berikut adalah gambaran Pmebelajaran di SMP Negeri 14 Yogyakarta di masa pandemic ini. Di awal tahun Pelajaran 2020/2021 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk kelas 7 juga dilakukan secara daring. Peserta didik baru melakukan pengenalan dengan Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Selain dengan zoom meeting, sekolah juga memfasilitasi siswa yang kekurangan kuota internet dengan tidak melakukan video conference, tetapi dengan menggunakan kanal situs Youtube untuk memperoleh video yang disajikan secara searah.

Pembelajaran selama masa pandemi ini seluruhnya dilakukan secara online menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi yang digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran yaitu ‘’Mobile Exam.’’ Guru mengguanakan video pembelajaran sebagai metode kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Secara teknis guru akan mengirimkan link video pembelajaran diaplikasi ‘’Mobile Exam’’ untuk peserta didik dapat mengakses video pembelajarannya. Proses pembelajaran bisa dilakukan secara dua arah melalui plaform ini. Siswa bisa juga melakukan aktivitas pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp untuk berkomunikasi dengan guru mata pelajaran masing-masing.

Sekolah juga menyediakan ruang khusus untuk melakukan aktivitas pembelajaran yang terkoneksi langsung dengan internet. Melalui ruangan ini guru-guru bisa memberikan pelajaran kepada siswa dengan platform Mobile Exam, Google Meet, atau pilihan dan kesepakan guru dan peserta didik.

Guru bimbingan konseling SMP Negeri 14 bertugas melakukan pemantaun terkadap tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran. Selanjutnya masalah yang muncul akan mudah untuk teridentifikasi dan menemukan pemecahan masalah. Orang tua yang dating ke sekolah untuk berkonsultasi harus melalui protocol kesehatan yang ketat dan hanya disediakan waktu secukupnya untuk melakukan konsultasi.

 

Pembelajaran Masa Pandemi SMP Negeri 14 Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.